KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Amalan Dibulan Sya’ban Menurut Pandangan Ulama dan Ahli Hadist

Amalan Dibulan Sya’ban Menurut Pandangan Ulama dan Ahli Hadist

Diposting pada 17 Maret 2022 oleh Ahmad Fairuz

BULAN SYA’BAN

Bulan Sya’ban adalah bulan yang mulia, hendaknya kita mengisinya dengan memperbanyak amalan ibadah dan puasa secara khusus untuk melatih diri. Serta persiapan menyambut bulan Ramadhan agar nanti tidak kaget dengan perubahan spontan sehingga terasa berat bagi kita.

Sesungguhnya Allah SWT. adalah pencipta waktu dan tempat, Dia melebihkan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya. Demikian juga, Dia melebihkan Mekkah, Madinah dan Baitul maqdis dari tempat-tempat lainnya.

Namun, sebagian orang merasa kurang puas dengan keutamaan yang diberikan Allah SWT. sehingga mereka membuat-buat musim dalam rangka beribadah kepada Allah, hanya berdasarkan hadist-hadist lemah dan palsu. Diantara musim yang digandrungi banyak orang tanpa dalil tersebut adalah malam nishfu sya’ban.

Masalahnya, benarkah malam nisfhu sya’ban tidak memiliki suatu keutamaan?! apakah hal itu berarti kita mengkhususkan untuknya amalan-amalan tertenu?! Inilah yang akan menjadi topik bahasan kita kali ini. Kita berdoa kepada Allah SWT. agar memberikan kita kelezatan sunnah dan menjauhkan kita dari perkara-perkara bid’ah. Amiin.

ketahuilah bahwa banyak sekali riwayat-riwayat yang beredar di tengah masyarakat seputar nishfu Sya’ban, padahal kebanyakan hadits-hadits tersebut tidak shahih dalam timbangan ahli hadits.

MALAM NISFU SYA’BAN

Imam Qurthubi االله رحمه berkata dalam Tafsirnya 16/128. “Tentang malam nishfu Sya’ban tidak terdapat satu hadits pun yang dapat dijadikan sandaran. Baik mengenai keutamaannya atau tentang pembatalan ajal seseorang, maka janganlah kalian mengacuhkannya!”

Benar, ada suatu riwayat tentang keutamaan malam nishfu Sya’ban yang dishahihkan oleh sebagian ahli ilmu, yaitu sebagai berikut:

“Alloh Tabaraka wa Ta’ala turun kepada makluk-Nya pada malam nishfu Sya’ban. lalu Dia mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan”

Hadist diatas diriwayatkan dari jalan beberapa sahabat yaitu Muadz bin Jabal, Abu Tsa’labah al-Hutsani, Abdullah bin Umar, Abu Musa al-Asy’ari, Abu Hurairah, Abu Bakar ash-Shiddiq, Auf bin Malik, dan Aisyah radhiyallahu ‘anhum ajma’in.

Kesimpulannya, hadits ini dengan terkumpulnya jalan-jalan riwayat yang banyak ini bisa terangkat kepada derajat shahih dengan tanpa ragu lagi. Maka apa yang dinukil oleh Syaikh al-Qosimi dalam Ishlahul Masajid hal. 107 dari ahli hadits bahwa tidak ada hadits shahih satupun tentang keutamaan malam nishfu sya’ban. Maka tidak bisa manjadi pegangan, karena hal itu merupakan tindakan gegabah sebelum meneliti jalur-jalur ini.

Hadits ini dijadikan pedoman oleh sebagian kalangan untuk mengkhusukan malam nishfu sya’ban dengan ibadah-ibadah tertentu seperti shalat, sedekah, membaca Al-Qur’an dan sebagainya. Maka untuk meluruskan kesalafahaman ini simak penjelasan dibawah.

Perlu diingat bersama bahwa hadits ini hanya menunjukkan keutamaan malam nishfu Sya’ban saja. Seperti halnya hadits-hadits umum lainnya yang membicarakan tentang keutamaan hari dan malam tertentu. Hadits ini sama sekali tidak menunjukkan anjuran mengkhususkannya dengan amalan shalat, puasa, khataman al-Qur’an, maupun amalan ibadah lainnya lebih-lebih perayaan malam nishfu sya’ban pada bulan sya’ban seperti yang biasa dilakukan masyarakat kita.

Cek artikel terbaru dan menarik lainnya disini.

 

Bagikan informasi tentang Amalan Dibulan Sya’ban Menurut Pandangan Ulama dan Ahli Hadist kepada teman atau kerabat Anda.

Amalan Dibulan Sya’ban Menurut Pandangan Ulama dan Ahli Hadist | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Amalan Dibulan Sya’ban Menurut Pandangan Ulama dan Ahli Hadist

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak