KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Memilih Karpet yang Ideal untuk Ruangan Sempit

Cara Memilih Karpet yang Ideal untuk Ruangan Sempit

Diposting pada 16 Februari 2022 oleh Ahmad Fairuz

Karpet sering kali dipasang untuk menghidupkan kesan hangat di dalam sebuah ruangan. Meskipun begitu, tidak jarang pula orang yang memasangnya dengan tujuan murni untuk mempermanis ruang interior mereka.

Lalu bagaimana kalau kamu mau mempermanis sekaligus menciptakan kesan hangat tapi ruanganmu relatif sempit dan terbatas? Tenang saja, kamu tidak sendiri! Untuk kamu yang sekarang tinggal di apartemen atau daerah perkotaan, memiliki lahan luas dan lapang merupakan sesuatu yang sangat langka dan mahal.

Walaupun begitu, jangan jadikan permasalahan ini alasan untuk mengabaikan dekorasi dari interior rumah. Di sini, saya akan membahas tentang cara memilih karpet ideal agar ruangan mungilmu terlihat lebih luas.


Karpet dengan pola besar

karpet

ilustrasi karpet dengan pola besar

Jika kamu mau bereksperimen pilihlah yang bentuk polanya besar. Motif yang terlalu detail dan kecil biasanya justru akan membuat ruangan terasa lebih penuh dan sempit.

Tapi jangan juga membatasi diri untuk berkreasi hanya karena anggapan ini. Sebab semuanya akan kembali bergantung pada furniture yang kamu pilih serta faktor pendukung lain yang ada di ruangan tersebut, seperti jendela, gorden, atau cermin.


Pilih ukuran yang ideal

karpet

sumber: pinterest

Hal paling utama yang harus dipertimbangkan saat memilih karpet adalah ukuran. Ukuran terlalu kecil akan menimbulkan kesan tidak hangat. Nah, sebaliknya jika ukuran terlalu besar, ruangan justru jadi terkesan lebih sempit dan penuh.

Nah, untuk menentukan ukuran ideal karpet, tentukanlah berdasarkan penempatan furnitur – bukan ukuran ruang. Sebenarnya tidak ada standar khusus untuk menentukan ukuran ideal sebab semua bergantung pada cara kamu menempatkan furnitur pada ruangan tersebut.

Hal lain yang bisa dijadikan tolak ukur adalah dengan memperkirakan jumlah ubin yang seharusnya tidak ter-cover oleh karpet.


Karpet dengan warna cerah

karpet

ilustrasi karpet denga warna terang

Warna putih memang terkenal rentan kotor, namun dengan warna ini bisa salah satu faktor yang dapat membuat ruangan tampak lebih cerah dan luas. Tidak suka warna putih? Kamu bisa memilih warna lain seperti pastel, abu, coklat muda, ataupun krem.

Jika ada jendela di ruangan tersebut, gorden dengan warna cerah juga bisa menjadi pasangan yang manis agar ruangan terlihat lebih luas.

Baca Juga: Tips Agar Karpet Rumah Kita Selalu Bersih dan Wangi


Pertimbangkan tekstur

tekstur

sumber: pinterest

Sibuk dengan memilih ukuran maupun warna, terkadang banyak orang mengabaikan tekstur karpet. Padahal tekstur-pun akan menentukan tampilan interior ruangan secara keseluruhan.

Jika kamu termasuk kalangan masyarakat yang suka ikut tren, karpet bulu-bulu fluffy seperti gambar di atas pasti sudah jadi salah satu incaran kamu. Tekstur ini memang tidak hanya kelihatan lucu dipandang mata, tapi juga menghidupkan kesan hangat sekaligus memberikan sentuhan mewah pada ruangan.


Motif aztec

aztec

ilustrasi karpet motif aztec

Motif aztec seperti gambar di atas memang sudah menjadi salah satu motif paling favorit yang banyak diidamkan orang. Selain desainnya yang bisa dibilang timeless, warna-warna kombinasi dari motif ini juga sangat cantik.

Untuk yang mau menghidupkan kesan maskulin pada ruangan, kamu bisa memilih motif aztec dengan warna hitam-putih. Selain desainnya yang cantik, motif ini juga relatif cocok dipasang di ruangan apapun lho.


Sekarang kamu sudah bisa lihat kan kalau karpet bisa menghidupkan kesan hangat sekaligus mempermanis ruangan? Ya, ukuran ruangan yang relatif kecil tidak boleh lagi menjadi halangan atau pembatas dalam mendekor rumah.

Keseluruhan tampilan interior rumah justru akan bergantung dengan penempatan dan pemilihan furnitur yang ada. Untuk menghilangkan kesan monoton, kamu juga bisa memilih beberapa desain karpet keren di atas untuk tiap ruangan-ruangan yang berbeda di dalam rumah lho.


Sumber : www.dekoruma.com

Cek artikel terbaru dan menarik lainnya disini.


Bagikan informasi tentang Cara Memilih Karpet yang Ideal untuk Ruangan Sempit kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Memilih Karpet yang Ideal untuk Ruangan Sempit | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Cara Memilih Karpet yang Ideal untuk Ruangan Sempit

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak