KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Memperluas Jaringan wifi

Cara Memperluas Jaringan wifi

Diposting pada 12 Mei 2022 oleh RAFLY RND

Koneksi WiFi di rumah terkadang lebih kencang di beberapa spot khusus namun juga tidak tersambung sama sekali di beberapa sudut ruangan lainnya. Misalnya pada rumah dengan 2 lantai, koneksi WiFi hanya kuat di salah satu lantai yang terpasang perangkatnya, sedangkan di lantai lainnya justru kurang atau bahkan tidak terkoneksi sama sekali.
Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kamu yang belajar atau bekerja dari rumah. Untuk menghindari hal ini, Kamu bisa mencoba beberapa tips untuk mengetahui cara memperluas jaringan WiFi di setiap sudut rumah.

sumber : Biznet Networks

Baca juga : Pengertian wifi dan cara kerja wifi

1. Merubah Letak Router Wifi

Cara memperluas sinyal wifi yang pertama adalah dengan merubah letak router wifi. Letak atau lokasi penempatan router Wifi atau perangkat gateway jaringan lainnya akan secara langsung berpengaruh terhadap jangkauan sinyal.Pastikan tempat router bebas dari penghalang. Objek penghalang seperti tembok, sekat ataupun lainnya akan mengganggu inferensi pada perangkat Wifi sehingga sinyal Wifi akan terhalang.

Router Wifi juga harus diletakkan jauh dari penggunaan oven microwave atau telepon nirkabel. Interferensi perangkat elektronik tersebut akan menghasilkan gelombang yang bisa mengganggu frekuensi gelombang sinyal Wifi. Gangguan pada gelombang sinyal akan berpengaruh terhadap konektivitas perangkat terhadap router.

2. Perhatikan Apakah Ada Intervensi dari Perangkat Wireless Lainnya

Selanjutnya adalah menghindari adanya gangguan pada router yang disebabkan oleh perangkat lain. Salah satu contohnya adalah microwave, perangkat satu ini bisa mengganggu komputer atau gadget kamu untuk bisa menerima sinyal jaringan Internet. Jauhkan router dari perangkat seperti microwave dan berbagai perangkat wireless lainnya.

3. Menambahkan Amplifier Sinyal

Cara memperluas sinyal wifi juga bisa dilakukan dengan menambahkan amplifier sinyal. Sebuah router, access point atau Wifi client sebenarnya sudah dilengkapi dengan penguat sinyal Wifi yang terhubung dengan antena. Penguat sinyal bawaan ini biasanya disebut sebagai signal booster. Namun untuk penggunaan atau konektivitas sinyal jaringan yang lebih baik maka perlu menambahkannya dengan bi-directional amplifier.

Wifi menggunakan transmisi sinyal dua arah (bidirectional) sehingga penambahan amplifier ini digunakan. Tujuannya  agar sinyal nirkabel menjadi lebih optimal dalam mengirim maupun menerima data

4. Menggunakan Tambahan Wireless Access Point (AP)

Cara memperluas sinyal Wifi selanjutnya dengan menambahkan Wireless Access Point (AP). Penambahan Wireless Access Point (AP) diluar bawaan router akan membuat jangkauan sinyal jaringan menjadi lebih luas. Sinyal akan menjangkau setiap sudut ruangan dan bahkan menembus beberapa penghalang.

Penambahan AP juga bisa membuat sinyal jaringan menjadi lebih stabil. Dengan adanya fitur ini, saat ini banyak produk router yang menawarkan access point mode untuk memberikan kemudahan dari AP ini.

5. Menambahkan Wifi Extender

Wifi Extender merupakan sebuah alat atau unit yang berdiri sendiri. Alat ini harus di letakkan di area yang masih dalam jangkauan router nirkabel atau access point Wifi. Alat ini bermanfaat sebagai relasi dua arah dan dapat menyalurkan sinyal ke area yang lebih jauh. Dengan adanya alat ini jangkauan sinyal akan lebih luas. Selain itu pengguna Wifi akan tetap bisa menikmati sinyal jaringan meskipun berada terlalu jauh dari router atau AP.

Baca juga : Pengertian wifi dan cara kerja wifi

6. Menyesuaikan Channel Wireless

Wireless router menggunakan berbagai frekuensi channel sama seperti stasiun TV maupun Radio. TV atau radio menggunakan channel berbeda untuk menyiarkan acara agar sampai kepada konsumen. Sedangkan channel pada wireless berfungsi agar sinyal jaringan menjadi lebih spesifik dan mudah ditangkap oleh perangkat karena sinyal dari router yang berbeda dengan posisi yang berdekatan dapat mengganggu konektivitas. Gunakan channel yang paling tepat sehingga sinyal-nya mudah ditangkap dan koneksi menjadi lebih lancar.

7. Mengupdate Firmware 

Cara memperluas sinyal wifi juga bisa dilakukan dengan jalan melakukan update firmware. Dengan mengupdate firmware akan sangat berdampak terhadap kinerja perangkat wireless router menjadi lebih optimal secara signifikan. Untuk melakukan update firmware pengguna dapat langsung mengunduhnya pada situs produsen router atau access point yang digunakan. Update harus dilakukan secara berkala pada driver sistem operasi yang digunakan seperti windows, ios dan lain sebagainya.

8. Auto Reboot Secara Berkala

Auto Reboot secara berkala merupakan salah satu cara memperluas sinyal . Proses auto reboot router dapat dijadwalkan secara berkala. Hal ini berguna agar sinyal yang dipancarkan oleh router menjadi lebih stabil. Pengguna dapat menjadwalkannya setiap hari sekali dengan menggunakan DD-WRT maupun dengan stop kontak timer.

Apabila setelah melakukan auto reboot sinyal router juga belum stabil, maka pengguna harus mencari tahu penyebab lainnya seperti overheat, firmware yang belum terupdate maupun karena terlalu banyak download yang dilakukan secara bersamaan.

9. Menggunakan 2 Frekuensi

Jumlah frekuensi juga bisa menjadi pilihan cara memperluas sinyal . Apabila router yang digunakan memiliki teknologi AC, maka sebaiknya pengguna mengaktifkan 2 frekuensi secara bersamaan. Dua frekuensi tersebut adalah 2.4Ghz dan 5Ghz. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan performa router. Perangkat router yang menggunakan frekuensi 2.4Ghz membuat jangkauan sinyal jaringan menjadi lebih pendek dan terbatas. Sedangkan frekuensi 5Ghz akan membuat sinyal jaringan menjadi lebih jauh.

10. Mengganti Router

Cara memperluas sinyal wifi bisa juga dilakukan dengan mengganti router. Pengguna tentunya mengganti perangkat wireless router dengan tipe yang lebih baru atau versi update.Saat ini router telah menggunakan teknologi standar AC yakni menggunakan frekuensi 5Ghz. Salah satu contoh router produksi TP-LINK yakni Archer C9 telah dilengkapi dengan teknologi beamforming. Teknologi ini membuat sinyal jaringan dapat dijangkau dari jauh dan konektivitas yang dihasilkan juga menjadi lebih cepat.

11. Mencari Kanal yang Tepat 

Memiliki tetangga yang rumahnya juga memasang  ternyata juga menimbulkan masalah pada Wifi. Hal ini dikarenakan masing-masing menggunakan kanal router yang sama. Akibatnya kualitas dari sinyal router menjadi menurun. Masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan tools yang sudah tersedia secara gratis, misalnya inssider atau apps.

Setelah menemukan kanal yang kosong, diharuskan untuk memilih kanal tersebut Atau bisa juga memilih kanal yang memiliki pengguna sedikit. Tujuannya untuk meminimalisir gangguan sinyal sehingga bisa memperkuat sinyal  di rumah.

12. Kontrol Bandwidth

Cara memperluas sinyal  di rumah yang terakhir adalah dengan kontrol bandwith. Kontrol bandwith ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Wifi yang lemotHal ini biasanya terjadi apabila ada orang di rumah yang memanfaatkan jaringan Wifi untuk bermain game, mengunduh torrent, chatting video, nonton via Netflix dan sebagainya.

Penggunaan tersebut akan menyedot bandwith sehingga jaringan  menjadi lemot. Solusi dari masalah ini yaitu dengan menggunakan QoS/Quality of Service  untuk menentukan prioritas aplikasi di atas aplikasi yang lain dalam menyedot bandwith.

Nah itulah cara memperluas sinyal  di rumah full, stabil dan anti ribet. Diharapkan masing-masing cara tersebut bisa membantu menyelesaikan masalah mengenai sinyal Wifi yang tidak menjangkau semua sudut ruangan ya terimakasih telah mengunjungi artikel kami 🙂

Baca juga : Pengertian wifi dan cara kerja wifi

Bagikan informasi tentang Cara Memperluas Jaringan wifi kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Memperluas Jaringan wifi | KARPETMASJID.CO.ID

Belum ada komentar untuk Cara Memperluas Jaringan wifi

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak