KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Catat! Inilah 5 Tips Hidup Sehat dan Umur Panjang

Catat! Inilah 5 Tips Hidup Sehat dan Umur Panjang

Diposting pada 2 Februari 2022 oleh Ahmad Fairuz

karpetmasjid.co.id – Kehidupan yang berkualitas bisa didapat dengan menerapkan hidup sehat. Kita juga akan meminimalkan risiko penyakit yang mungkin timbul dari gaya hidup yang buruk.

Hidup kuat dan sehat dapat diterapkan oleh siapa pun. Namun, semua itu dimulai dari seberapa besar keinginan kita untuk berkomitmen menjaga kesehatan. Apa saja langkah yang bisa diikuti? Simak penjelasan hidup sehat di bawah ini, melansir The Healthy.

1. Kurangi kalori, tanpa mengurangi jenis makanan

hidup sehat

Membatasi jumlah kalori dapat membantu mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan. Para peneliti nutrisi menemukan rahasia untuk memuaskan perut serta menjaga kesehatan, setelah melihat dari menu makan malam yang disajikan orang-orang dari Yunani, Jepang, hingga negara bagian Pennsylvania, AS.

Menurut peneliti, sebaiknya kita mengisi piring dengan sayuran dan buah-buahan, serta tambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Lalu, kurangi makanan dengan kalori tinggi seperti daging berlemak atau burger keju, dan gantilah dengan berbagai jenis makanan lain. Dengan membatasi kalori yang dikonsumsi, maka akan lebih banyak antioksidan yang ditujukan memperbaiki kesehatan, dan kita hidup lebih lama, lebih aktif, dan bahagia.

Melakukan pembatasan kalori bukan hal mudah. Kita perlu mengonsumsi 25-40 persen kalori lebih sedikit. Jika kita biasanya mengonsumsi 1.800 kalori sehari, kurangi menjadi setidaknya 1.350 kalori.

Terapkan diet rendah gula dan rendah lemak, dan makanan yang dikonsumsi harus menjadi pembangkit tenaga nutrisi. Misalnya, konsumsi 56 gram ikan salmon, satu tangkai brokoli dan spaghetti gandum dengan lima tomat, tiga jamur shiitake, dan 1/2 cangkir saus spaghetti.

Baca juga : 5 Tips Desain Rumah Sehat yang Bisa Kamu Terapkan

2. Olahraga sebagai sarana anti penuaan

hidup sehat

Olahraga dapat membantu kita mencapai kualitas hidup sehat yang lebih baik. Para peneliti menemukan manfaat baru dari olahraga, yaitu bertindak sebagai vaksin yang ampuh melawan proses penuaan. Ahli fisiologi olahraga di University of Florida meminta orang sehat berusia 60-85 tahun melakukan program latihan beban selama enam bulan.

Kemudian, peneliti menguji peserta untuk melihat tanda kerusakan radikal bebas. Pada akhir penelitian, peserta yang berolahraga dengan intensitas rendah mengalami penurunan kerusakan akibat radikal bebas, sedangkan peserta yang melakukan olahraga intensitas tinggi mengalami penurunan lebih banyak.

Kelompok kontrol yang tidak melakukan olahraga justru mengalami peningkatan kerusakan radikal bebas sebesar 13 persen. Tanpa berolahraga, kita meningkatkan risiko serangan jantung nyaris dua kali lipat, kata Robert Nied, MD, spesialis kedokteran olahraga di California, AS. “Orang yang tadinya tidak berolahraga kemudian melakukannya, juga menerima manfaat besar,” tutur Nied.

Olahraga dengan intensitas rendah merupakan cara terbaik untuk melindungi jantung dan arteri. Tidak perlu berlari atau jogging, sekadar berjalan cepat bisa bermanfaat bagi kesehatan. Lakukan olahraga intensitas rendah setidaknya 30 menit sehari dalam satu sesi, termasuk latihan resistensi dan aerobik.

3. Lakukan aktivitas menyenangkan

hidup sehat

Di usia muda kita disibukkan dengan aktivitas pekerjaan. Namun seiring usia, kita akan memiliki waktu lebih banyak, terutama setelah memasuki usia 60 tahun. Dengan waktu yang lebih banyak, kita bisa menonton televisi lebih lama, makan di luar, atau berkomunikasi dengan teman lewat telepon selama waktu yang kita inginkan. Atau, cari aktivitas menyenangkan dan kejarlah dengan sepenuh hati.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa melakukan kegiatan yang menarik minat kita akan berkontribusi pada kesehatan di usia 50-an, 60-an, dan sebagainya. Psikiater di University of California, San Diego, AS meneliti 500 orang dewasa berusia 60-98 tahun yang hidup mandiri.

Sebagian besar orang yang diteliti menghadapi masalah kesehatan seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan masalah kesehatan mental. Hanya satu dari sepuluh orang yang memenuhi kriteria sebagai orang tua yang sehat, catat para peneliti.

Namun, para partisipan studi tidak percaya pada anggapan umum. Mereka menilai tingkat keberhasilan penuaan mereka pada skala satu sampai sepuluh, dan skor rata-rata yang didapat adalah 8,4 atau sangat bahagia.

“Orang yang mengira mereka menua dengan baik belum tentu merupakan individu paling sehat,” kata ketua peneliti Dilip Jeste, MD, kepala divisi psikiatri geriatrik di University of California. “Faktanya, optimisme dan gaya koping yang efektif lebih penting untuk penuaan daripada pengukuran kesehatan dan kebugaran secara tradisional.”

4. Memiliki kedekatan dengan keluarga dan teman

04

Koneksi adalah sumber kegembiraan dan menawarkan perlindungan kuat terhadap stres yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Banyak studi ilmiah yang membuktikan bahwa memiliki teman akan mengubah biokimia otak, memompa perasaan gembira dan sejahtera yang meningkatkan kekebalan.

Di saat kita sendirian dalam waktu lama, tingkat hormon stres meningkat dan memperbesar peluang kita mengalami penyakit jantung, tekanan darah tinggi, depresi, pemikiran yang kacau, dan gangguan tidur.

Dukungan sosial dari teman, keluarga, atau tetangga bisa mencegah peningkatan tekanan darah yang berisiko stroke dan serangan jantung. Pernikahan dapat memperpanjang usia pria sekitar tujuh tahun, sedangkan wanita sekitar tiga tahun.

Hewan peliharaan juga dapat membantu mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah, serta membantu penderita serangan jantung hidup lebih lama.

Baca juga : Cara Menjaga Kesehatan Kamar Anak

5. Berpikir positif

05

Berpikir secara produktif membantu kita menurunkan risiko gangguan mental. Senam otak sederhana, yang disebut ahli saraf sebagai neurobik, adalah salah satu caranya. Saat melakukan otopsi pada 137 orang dengan penyakit Alzheimer, para peneliti menyadari bahwa seluruh orang memiliki gejala yang jauh lebih ringan dari seharusnya.

Setelah diteliti lebih jauh, peneliti menemukan, otak pasien lebih berat dan mempunyai lebih banyak neuron dari jumlah normal. Itu artinya, pasien Alzheimer memiliki cadangan kognitif atau simpanan jalur ekstra yang memungkinkan otak berfungsi normal lebih lama.

Orang yang lebih sering menggunakan otaknya saat bekerja dan bermain memiliki cadangan kognitif. Peneliti meyakini, memberi tekanan pada otak dengan cara yang mirip seperti saat kita memberi tekanan pada otot selama latihan dapat menghasilkan manfaat serupa. Otak menjadi lebih kuat, lebih bugar, dan lebih fleksibel.

Sumber : lifestyle.kompas.com

Bagikan informasi tentang Catat! Inilah 5 Tips Hidup Sehat dan Umur Panjang kepada teman atau kerabat Anda.

Catat! Inilah 5 Tips Hidup Sehat dan Umur Panjang | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Catat! Inilah 5 Tips Hidup Sehat dan Umur Panjang

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak