KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Dampak bagi Kesehatan Mengonsumsi Mi Instan Secara Berlebihan

Dampak bagi Kesehatan Mengonsumsi Mi Instan Secara Berlebihan

Diposting pada 26 Mei 2022 oleh RAFLY RND

sumber : travel kompas

Zaman sekarang , banyak manusia sibuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, kesibukan tersebut membuat mereka melupakan pentingnya makan makanan sehat. Untuk mencari kepraktisan saat bekerja, biasanya mereka memakan makanan instan dan dijadikannya sebagai pengganti nasi, misalnya mi instan.

Perubahan pola hidup masyarakat sangat terlihat jelas. Di mana dahulu mereka yang senang mengonsumsi makanan sehat, tetapi saat ini meraka lebih memilih makan makanan cepat saji dengan alasan kepraktisan. Pola pikir seperti ini yang dapat menimbulkan gaya hidup tidak sehat. Apabila hal ini dilakukan secara terus menerus, maka akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.
Semakin lama, mi instan akan digemari oleh semua kalangan, terutama kalangan remaja. Mi instan memiliki sifat yang praktis dalam pengolahannya, mudah didapatkan, harganya terjangkau, serta memiliki banyak pilihan rasa yang dapat disesuaikan dengan selera lidah masyarakat itu sendiri. Alasan mengapa banyak orang yang gemar memakan mi instan karena harganya terjangkau dan memiliki banyak pilihan rasa.

Apa Saja Kandungan yang Terdapat pada Mi Instan?

sumber : bangka pos

Kandungan Monosodium Glutamat (MSG) digunakan sebagai bahan untuk melezatkan makanan tetapi apabila MSG dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu yang panjang maka akan mengakibatkan penurunan kinerja otak. Selain itu, MSG juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas, tekanan darah tinggi, saki kepala, dan mual-mual.
Dibalik nikmatnya cita rasa mi instan sebenarnya mi instan belum dikatakan sebagai makanan yang bergizi karena mi instan belum mencakupi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, juga terdapat zat berbahaya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus.
Pada dasarnya, kenikmatan ini hanyalah sesaat. Apabila mi instan dikonsumsi secara berlebihan dalam jangka waktu yang panjang, maka dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan dan munculnya berbagai penyakit. Mulai penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan.

Penyakit yang Ditimbulkan Apabila Mengonsumsi Mi Instan

Pertama : hipertensi karena natrium yang tinggi sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat akibat ketidakseimbangan antara natrium dan kalium di dalam darah.
Kedua : lambung akan mensekresikan asam lebih banyak jika kandungan natrium pada lambung tinggi. Hal ini dapat menimbulkan asam lambung tinggi dan dapat mengakibatkan pengikisan lambung, serta menimbulkan rasa perih. Sehingga dapat menyebabkan penyakit mag.
Ketiga : jantung koroner disebabkan karena kolesterol jahat yang dihasilkan dari trans fat akibat penggoreng mi instan sampai kering.
Keempat : saat membeli mi instan yang sudah diseduh, biasanya diletakkan ke dalam Styrofoam. Menurut WHO, bahan styrofoam dapat memicu terjadinya kanker karena zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam stayrofoam dapat berpindah ke makanan jika terkena suhu tinggi. Hal tersebut dapat menimbulkan penyakit kanker.
Kelima : menurut Ilmuwan dari Amerika Serikat menemukan adanya risiko kesehatan apabila mengonsumsi mi instan lebih dari 2-3 kali dalam seminggu yaitu terjadinya risiko sindrom kardiometabolik, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Dimana penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan.
Keenam : kandungan MSG dalam mi instan jika dikonsumsi dalam jangka yang panjang akan menyebabkan ketidakmampuan untuk belajar. Hal ini disebabkan karena MSG tersebut menyerang otak sehingga sulit untuk belajar.

Cara Mencegah Penyakit

Agar terhindar dari penyakit, lebih baik kita harus memulai makan sehat dan bergizi sehingga tubuh mendapatkan gizi seimbang yang baik untuk kesehatan. Saat kita makan makanan yang bergizi maka tubuh tidak akan mudah lelah, otak dapat bekerja lebih baik, meningkatkan kefokusan, dan lain sebagainya.
Untuk melakukan segala aktivitas, tentunya kita membutuhkan karbohidrat dan lemak sebagai sumber tenaga sehingga kita tidak merasa mudah lelah. Sumber tenaga tersebut dapat ditemukan di dalam nasi, jagung, ubi, dan singkong. Selain sumber tenaga, tentunya kita membutuhkan protein untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Protein terbagi dua, yaitu protein hewani yang terdiri dari daging, susu, dan telur serta protein nabati yang terdiri dari kacang-kacangan, tahu, dan tempe. Vitamin dan mineral juga tidak kalah penting bagi kesehatan. Mengonsumsi vitamin dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan air dapat membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh agar terhindar dari penyakit.
Pola hidup sehat juga harus dilaksanakan, seperti olahraga. Saat olahraga, lemak jahat dapat berubah menjadi otot yang dapat menguatkan badan. Selain itu, kita juga harus mengurangi makan makanan instan agar terhindar dari berbagai penyakit. Jangan hanya melihat sisi kepraktisannya saja, tetapi harus melihat apa dampak buruk ke depannya jika sering mengonsumsi makanan instan. Seperti istilah yang telah kita ketahui bahwa “lebih baik merawat daripada mengobati”.

Bagikan informasi tentang Dampak bagi Kesehatan Mengonsumsi Mi Instan Secara Berlebihan kepada teman atau kerabat Anda.

Dampak bagi Kesehatan Mengonsumsi Mi Instan Secara Berlebihan | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Dampak bagi Kesehatan Mengonsumsi Mi Instan Secara Berlebihan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak