KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Filosofi dan Sejarah Sajadah

Filosofi dan Sejarah Sajadah

Diposting pada 12 Maret 2020 oleh Linda Tamara

karpet sajadah di pakai Orang-orang Muslim sembahyang dengan cara menundukkan tubuh serendah-rendahnya di tanah. Hal ini untuk menunjukkan ketidakberdayaan mereka sebagai makhluk di hadapan Tuhan. Dan syarat utama yang harus mereka perhatikan saat beribadah adalah kebersihan area tersebut. Nah, untuk memastikan area yang mereka gunakan untuk sholat benar-benar bersih, mereka biasa menggunakan sebuah karpet atau permadani kecil yakni sajadah.

Adapun alas untuk sholat terbuat dari jalinan benang yang berhiaskan sulaman bermotifkan nuansa Islami. Sementara untuk karpet sembahyang yang diproduksi secara komersial biasanya dibuat dari bahan kain sutera maupun katun dengan hiasan motif floral, pilar, masjid ataupun gambaran lainnya seperti Masjid Al-Aqsha serta Ka’bah. Biasanya ukuran sajadah adalah satu meter atau sesuai dengan ukuran tubuh orang dewasa saat mereka berlutut maupun bersujud.

Mihrab pada permukaan sajadah biasanya digambarkan dalam berbagai bentuk. Lengkungan khas mihrab ini menambahkan kesan elegan pada karpet untuk sholat ini. Namun ciri dari masing-masing mihrab pada sajadah bisa berbeda-beda sesuai dengan negara pembuatannya. Misalnya sajadah Anatolia memiliki motif gerak di sepanjang permukaan sajadah; mihrab Persia memiliki lengkungan yang mewah; karpet Kaukasia dan Turki umumnya berbentuk bujursangkar.

Untuk menjaga kebersihan sajadah, biasanya orang-orang Muslim hanya menggelar karpet kecil ini saat akan mendirikan ibadah saja. Dan begitu selesai sholat atau menjalankan ibadah lainnya, mereka akan langsung menggulung karpet ini, lalu menyimpannya hingga nanti akan digunakan kembali saat tiba waktunya beribadah. Dan jika Anda ingin membeli sajadah dengan kualitas baik, Anda bisa membelinya di situs karpetmasjid.co.id

Bagikan informasi tentang Filosofi dan Sejarah Sajadah kepada teman atau kerabat Anda.

Filosofi dan Sejarah Sajadah | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Filosofi dan Sejarah Sajadah

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: (#10) This endpoint requires the 'manage_pages' or 'pages_read_engagement' permission or the 'Page Public Content Access' feature. Refer to https://developers.facebook.com/docs/apps/review/login-permissions#manage-pages and https://developers.facebook.com/docs/apps/review/feature#reference-PAGES_ACCESS for details.
Type: OAuthException
Code: 10
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak