KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Indahnya Masjid Terapung Al-Alam di Teluk Kendari

Indahnya Masjid Terapung Al-Alam di Teluk Kendari

Diposting pada 11 Februari 2022 oleh Ahmad Fairuz

Masjid Al-Alam adalah masjid di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dijuluki dengan nama masjid terapung. Digagas idenya dan mulai dibangun sejak tahun 2010 di masa kepemimpinan Gubernur Sultra Nur Alam. Diresmikan penggunaannya tahun 2018.

al-alam

Masjid Al-Alam Kendari

Masjid Al Alam menjadi ikon Kota Kendari yang banyak dikunjungi warga sekitar dan para pendatang. Empat buah menara masjid ini dirancang arsitek asal Sulawesi Selatan, Mursyid Mustafa dan dibuat menyerupai Burj al Arab di Dubai.

Letak Masjid Al Alam di Teluk Kendari. Untuk menuju ke masjid ini, para pengunjung melewati hutan bakau. Pemerintah setempat telah mereklamasi dan membuat jalan masuk maupun keluar. Masjid ini menjadi ikon wisata religi di Sulawesi Tenggara.


Sejarah

Masjid ini dirancang dibangun tahun 2010, di masa Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam. Konsep pembangunan masjid ini memang akan dibangun secara unik. Di tengah Teluk Kendari dibuat suatu pulau buatan sebagai pondasi areal masjid. Luas areal masjid sekitar 12.692 meter persegi, terdiri dari tiga bangunan utama, yaitu: bangunan utama masjid, plaza tertutup, dan plaza terbuka.

Masjid yang mulai dipopulerkan menjadi ikon wisata religi, dirancang arsitek asal Sulawesi Selatan, Mursyid Mustafa. Total anggaran pembangunan Rp200 miliar, sepadan dengan hasilnya.

Kini Masjid Al Alam menjadi masjid ketiga di dunia, sebagai masjid yang berada di tengah laut, menyusul masjid di Maroko dan Jeddah.

Baca juga : 5 Masjid Terbesar di Dunia, Istiqlal Urutan Keberapa?


Keunikan Masjid Al-Alam

masjid-alalam

Gambar Masjid Al-Alam

Keunikan utama Masjid ini adalah dibangun di atas air. Lokasinya jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota. Berada di Masjid Al-Alam terbukti menambah khusyuk beribadah. Formasinya membentuk menyerupai angka delapan berlatarkan gemerlapnya lampu kota Kendari. Melihat senja sambil menunggu azan di pelataran Masjid Al-Alam, menjadi salah satu cara menikmati keagungan ciptaan Tuhan.

Keindahan eksteriornya begitu menawan. Menara masjid yang tinggi menjulang bagaikan menara Burj Dubai di Uni Emrat Arab. Menara masjid di sisi timur memiliki ketinggian 321 meter. Sedangkan dua menara pada sisi barat sedikit lebih rendah. Desain keseluruhan menara dinominasi dengan warna biru dan diselingi cat putih. Bentuknya pun juga unik, lebar di bawah dan meruncing ke atas. Sedangkan menara pendek melembung pada bagian tengah kemudian meruncing ke atas.

Tembok luar masjid dihiasi dengan ornamen bernuansa kelopak bunga. Ke empat sudut masjid dikelilingi dengan hiasan berbahan GRC tersebut. Menjadikan penampilan Masjid Al-Alam begitu elegan. Disekat dengan 9 pilar di setiap sisi masjid membuat konstruksi masjid begitu kokoh.

Pada bagian atas tembok kanan dan kiri terpampang nama Masjid Al-Alam Kendari berwarna putih. Papan nama yang akan menyala saat senja tiba dan mempercantik keindahan Masjid


Sumber : www.liputan6.com

Cek artikel terbaru dan menarik lainnya disini


Bagikan informasi tentang Indahnya Masjid Terapung Al-Alam di Teluk Kendari kepada teman atau kerabat Anda.

Indahnya Masjid Terapung Al-Alam di Teluk Kendari | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Indahnya Masjid Terapung Al-Alam di Teluk Kendari

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak