KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » ISLAM DALAM ILMU PENGETAHUAN

ISLAM DALAM ILMU PENGETAHUAN

Diposting pada 20 Mei 2022 oleh RAFLY RND

sumber : isic suka ku

Pengertian ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (scientific method). Sedangkan teknologi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan iptek, adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas, memperdalam, dan mengembangkan iptek.

Artikel ini menjelaskan hubungan Islam dan sains perspektif Nurcholish Madjid. Nurcholish melihat hubungan Islam dan sains melalui dua hal, yaitu: pertama, kontribusi Islam terhadap sains; dan kedua, kesatuan organik Islam dan sains. Islam memberikan kontribusi besar bagi pengembangan sains dan kontribusi Islam tersebut benar-benar tidak bisa diremehkan dikarenakan Islam mampu mempengaruhi hampir semua bidang kajian ilmu pengetahuan. Selain itu, Islam memiliki hubungan yang organik dan harmonis dengan sains. Menurut Nurcholish, sains akan selalu memberikan dampak positif bagi keimanan seorang muslim, tetapi jika imannya benar. Sebaliknya, jika imannya keliru, maka imannya akan dipenuhi oleh hal-hal yang bersifat mitologis. Jika suatu keyakinan dipenuhi mitologi, maka keyakinan (agama) tersebut akan dikalahkan oleh sains.

Kontribusi Islam terhadap Sains
Peranan orang-orang muslim dalam sains diragukan orilitasnya oleh para peneliti modern yang mengkaji dan meneliti sejarah ilmu pengetahuan. Salah satu yang meragukannya adalah seorang tokoh agnostik, yaitu Bertrand Russell. Keraguan Russell terutama terhadap peranan orang-orang muslim dalam bidang filsafat, meskipun ia tetap mengakui orilitas yang tinggi terhadap kontribusi orang-orag muslim dalam bidang matematika dan ilmu kimia. Russell mengungkapkan bahwa filsafat Islam bukanlah buah pemikiran yang orisinil. Ia menilai bahwa para filsuf muslim hanya menjadi penafsir dan kemudian
memindahkan dari Yunani Kuno ke Eropa Barat  .

terimakasih telah membaca artikel mimin , untuk kelanjutanya mimin akan tulis di part 2 🙂

 

 

 

Bagikan informasi tentang ISLAM DALAM ILMU PENGETAHUAN kepada teman atau kerabat Anda.

ISLAM DALAM ILMU PENGETAHUAN | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: ISLAM DALAM ILMU PENGETAHUAN

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak