KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Kelebihan dan Kekurangan Karpet Vinyl yang Harus Kalian Tahu

Kelebihan dan Kekurangan Karpet Vinyl yang Harus Kalian Tahu

Diposting pada 16 Februari 2022 oleh Ahmad Fairuz

Lantai bangunan harus dibuat sekuat mungkin karena ditimpa barang setiap hari dan diinjak-injak oleh penghuninya. Kalau kekuatannya sudah terjamin, maka langkah berikutnya adalah mempercantik tampilan lantai dengan menutup atau memberi lapisan. Ada banyak material yang bisa digunakan untuk menutup permukaan lantai. Di antaranya lantai keramik, kayu, beton, hingga karpet vinyl.

Karpet vinyl adalah bahan penutup permukaan lantai yang terbuat dari bahan PVC dan pasir putih. Hasilnya terciptalah material yang memiliki daya lentur baik dan nyaman dipijak kaki telanjang. Tapi sebelum kamu membelinya untuk menghias lantai hunian, ada baiknya pahami dulu seperti apa kelebihan dan kekurangannya berikut ini!


1. Karpet vinyl awet

karpet

sumber: pinterest

Karpet vinyl ukurannya cukup tipis namun memiliki kekuatan yang sangat baik, menurut para produsen bahan ini bisa bertahan selama 20 hingga 25 tahun. Salah satu faktor keawetannya ini adalah campuran bahan kimia yang digunakan. Berkat ketahanannya yang baik, bisa membantu meningkatkan nilai atau harga rumah jika suatu saat rumah dijual kembali.

Vinyl juga kebal terhadap pergantian cuaca seperti paparan sinar matahari berlebih dan cipratan air hujan. Oleh karenanya, material ini cocok digunakan di luar ruangan.


2. Teksturnya nyaman dipijak

karpet

sumber: pinterest

Saat berada di dalam hunian, kebanyakkan orang akan melepas alas kakinya. Tekstur karpet vinyl ini termasuk nyaman untuk dipijak kaki telanjang karena lebih halus dibandingkan dengan material lantai parket. Kenyamanan ini didapat dari lapisan bawah vinyl yang mengandung busa.

Faktor lainnya yang membuatnya populer adalah keragaman warnanya. Dengan demikian, para pemilik hunian bisa menyesuaikan warna karpet dengan konsep interior secara keseluruhan. Begitu pula untuk motifnya yang tersedia dalam motif kayu dan batu alam. Material ini juga cocok digunakan pada banyak interior seperti minimalis, modern, kontemporer, Skandinavia, dan interior vintage.


3. Cara pemasangan dan perawatannya cukup mudah

pemasangan

sumber: pinterest

Cara memasangnya cukup mudah, kamu hanya perlu merekatkannya ke permukaan lantai yang sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Tidak melulu di atas semen atau plesteran, material juga bisa dipasang di atas keramik. Sangat tepat bagi kamu yang ingin mengubah suasana di dalam rumah tanpa perlu merombak interior secara besar-besaran.

Untuk urusan perawatan pun tidak kalah mudahnya karena karpet vinyl cukup disapu dan dipel secara rutin. Material vinyl ini tidak menyerap air dan anti noda. Jika sewaktu-waktu kena tumpahan kopi, cukup dilap saja. Kalau misalnya material ini sobek atau mengalami kerusakan, kamu bisa dengan mudah menambalnya tanpa perlu membongkar seluruh bagian.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Karpet Vinyl Minimalis Untuk Rumah


4. Karpet vinyl mengandung PVC yang sedikit berbahaya

kfhjbv65

sumber: pinterest

Karpet vinyl dibuat dengan bahan PVC yang mengandung zat VOC ke udara. Hasilnya kualitas udara di dalam ruangan akan tercemar dan lama kelamaan bisa membahayakan kesehatan penghuninya. Meski demikian, kamu tidak perlu khawatir karena produsen karpet vinyl sekarang sudah mulai mengurangi kadar PVC tanpa mengurangi kualitas vinyl.


5. Karpet vinyl mudah rusak terhadap benda tajam

khgfkmly7

sumber: pinterest

Meski karpet vinyl tahan terhadap pergantian cuaca dan dipijak berlama-lama, sayangnya ia tidak kuat terhadap goresan benda tajam. Oleh karena itu, ketika memindahkan barang harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan karpet vinyl. Begitu juga saat menggunakan heels yang berujung tajam, ingatlah untuk melepaskannya sebelum menginjaknya.


Cek artikel terbaru dan menarik lainnya disini.


Bagikan informasi tentang Kelebihan dan Kekurangan Karpet Vinyl yang Harus Kalian Tahu kepada teman atau kerabat Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Karpet Vinyl yang Harus Kalian Tahu | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Kelebihan dan Kekurangan Karpet Vinyl yang Harus Kalian Tahu

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak