KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Kembar Tapi Tak Sama, Perbedaan Karpet Turki dan Karpet Persia

Kembar Tapi Tak Sama, Perbedaan Karpet Turki dan Karpet Persia

Diposting pada 28 Januari 2022 oleh Ahmad Fairuz

Perbedaan karpet turki dan karpet persia

perbedaan-karpet-turki-dan-persia

karpetmasjid.co.id – Topik yang akan kita bahas kali ini cukup menarik yaitu perbedaan karpet turki dan persia. Karpet menjadi salah satu dekorasi masjid yang jadi perhatian di era modern saat ini.

Harganya bervariasi dengan tingkat kenyamanan dan kehangatannya, mampu meningkatkan popularitasnya menjadi alas lantai yang menggantikan keramik dan mozaik. 

Banyak tipe karpet yang beredar di pasaran, mulai dari karpet Turki, Persia dan lain sebagainya. Nah apa sih perbedaanya? Mari kita simak bersama perbedaan karpet turki dan persia.

Teknik Simpul Karpet

Perbedaan simpul turki dan simpul persia

Perbedaan pertama yang perlu kita ketahui antara permadani Turki dan permadani Persia adalah teknik simpulnya. Permadani Turki diikat dengan teknik simpul ganda juga dikenal sebagai “simpul Turki”.

Sedangkan permadani Persia diikat dengan simpul tunggal juga dikenal sebagai “simpul Persia”. Mayoritas permadani Turki diikat dengan simpul Turki dan hampir tidak mungkin diikat dengan teknik Persian Knot. Sedangkan karpet permadani Persia ada campuran dari simpul Turki. Orang-orang etnis Turki menggunakan simpul Turki pada permadani mereka.

Baca juga : Sejarah karpet persia dalam perdagangan Eropa

Desain Karpet

perpwaprfk

Perbedaan permadani karpet Turki (kiri) dan permadani karpet Persia (kanan)

Selanjutnya perbedaan yang paling mencolok antara permadani Turki dan permadani Persia adalah desainnya.

Sebagian besar permadani Persia memiliki desain dan motif yang lebih bulat, oriental dan elegan, sebagian besar bagian tengah permadani memiliki desain medallion terlihat seperti dibuat untuk istana.

Salah satu alasannya adalah teknik simpul tunggal, karena simpul tunggal memberi kemampuan pada penenun untuk membuat simpul lebih lebih mudah dibuat dengan motif bulat.

Alasan lainnya ada hubungannya dengan latar belakang budaya bangsa, sejarah kuno, tradisi peradaban dan kekayaan juga mempengaruhi budaya orang Persia dan mereka merefleksikannya pada karpet permadani Persia.

Di sisi lain, sebagian besar permadani Turki memiliki desain lurus, tajam dan geometris serta penuh dengan motif tribal dan bermakna.

Permadani Turki ibarat teka-teki dan misteri yang harus dipecahkan, terkadang satu permadani mengandung begitu banyak motif simbolis sehingga Anda dapat menulis cerita panjang dari motif di permadani.

Baca juga : Keunggulan Karpet Masjid Turki

Salah satu alasan mengapa permadani Turki dibuat dengan desain geometris adalah teknik simpul ganda yang digunakan dalam pembuatannya.

Hal ini membuat karpet Turki lebih sulit untuk membuat simpul motif dan desain bulat.

Permadani Turki yang ditenun dengan teknik simpul ganda memiliki tampilan yang sangat elegan, sehingga permadani ini sangat berkualitas dan banyak dikagumi oleh banyak ahli permadani.

Pada dasarnya alasan utama desain geometris pada permadani Turki bukanlah teknik simpul ganda.

Ketangguhan orang-orang Turki pada saat itu tercermin pada permadani Turki sebagai pola lurus dan geometris dan banyak motif dari alam seperti pohon, sungai, dan hewan dan itu karena Turki hidup dengan alam tanpa kota-kota terpisah darinya.

Itu lah beberapa perbedaan dari karpet permadani Turki dan permadani Persia.

Semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda.

Sumber : www.republika.co.id

Bagikan informasi tentang Kembar Tapi Tak Sama, Perbedaan Karpet Turki dan Karpet Persia kepada teman atau kerabat Anda.

Kembar Tapi Tak Sama, Perbedaan Karpet Turki dan Karpet Persia | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Kembar Tapi Tak Sama, Perbedaan Karpet Turki dan Karpet Persia

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak