KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Kalian Simak

Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Kalian Simak

Diposting pada 31 Maret 2022 oleh Ahmad Fairuz

Keutamaan Bulan Ramadhan – Insya Allah sebentar lagi akan kita masuki bulan yang sangat mulia, bulan yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. “Hai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS Al Baqarah: 183).

keutamaan bulan ramadhan

gambar hanya pemanis

“Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu adalah yang paling bertaqwa.” (QS Al Hujurat: 13). Predikat taqwa ini tidak mudah untuk diperoleh. Ia baru akan di peroleh manakala seseorang melakukan persiapan yang cukup, dan mengisi bulan Ramadhan itu dengan berbagai kegiatan yang baik dan mensikapinya dengan benar.


HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN MENJELANG RAMADHAN

1. Persiapan Ruh dan Jasad

Dengan cara mengkondisikan diri agar pada bulan Sya’ban (bulan sebelum Ramadhan) kita telah terbiasa dengan berpuasa. Sehingga kondisi ruhiyah imaniyah meningkat, dan tubuh tubuhu sudah terlatih berpuasa dengan kondisi seperti ini.

Maka ketika kita memasuki bulan Ramadhan, kondisi ruh dan iman telah membaik, yang selanjutnya dapat langsung menyambut bulan Ramadhan yang mulia ini dengan amal dan kegiatan yang dianjurkan.

Disisi lain, tidak akan terjadi lagi gejolak fisik dan proses penyesuaian yang kadang-kadang dirasakan oleh orang orang yang pertama kali berpuasa.

Rasulullah saw menganjurkan kepada kita agar kita memperbanyak puasa sunnah pada bulan Sya’ban ini dengan cara memberikan contoh langsung dan aplikatif .

‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata: ”Rasulullah saw berpuasa, sampai-sampai kami mengiranya tidak pernah meninggalkannya”. Demikian dalam riwayat Bukhari dan Muslim.

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa: ”Beliau melakukan puasa sunnah bulan Sya’ban sebulan penuh, beliau sambung bulan itu dengan Ramadhan”. (Hadits shahih diriwayatkan oleh para ulama’ hadits, lihat Riyadhush-Shalihin, Fathul Bari, Sunan At-Tirmidzi dan lain-lain).

Anjuran tersebut dikuatkan lagi dengan menyebut kan keutamaan bulan Sya’ban. Usamah bin Zaid pernah bertanya kepada Rasulullah saw.

Katanya: ”Ya Rasulullah, saya tidak melihat engkau berpuasa pada bulan-bulan yang lain sebanyak puasa di bulan Sya’ban ini?” Beliau menjawab: ”Itulah bulan yang dilupakan orang, antara Rajab dan Ramadhan, bulan ditingkatkannya amal perbuatan kepada Allah swt Rabbul ‘Alamin. Dan aku ingin amalku diangkat sedang aku dalam keadaan berpuasa”. (HR An-Nasa-i).

2. Persiapan Materi.

Bulan Ramadhan merupakan bulan muwaasah (bulan santunan). Sangat dianjurkan memberi santunan kepada orang lain, betapapun kecilnya.

Pahala yang sangat besar akan didapat oleh orang yang tidak punya, manakala ia memberi kepada orang lain yang berpuasa, sekalipun cuma sebuah kurma, seteguk air atau sesendok mentega.

Rasulullah saw pada bulan Ramadhan ini sangat dermawan, sangat pemurah. Digambar kan bahwa sentuhan kebaikan dan santunan Rasulullah saw kepada masyarakat sampai merata, lebih merata ketimbang sentuhan angin terhadap benda-benda disekitarnya.

Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu‘anhu: ”Sungguh, Rasulullah saw saat bertemu dengan malaikat Jibril, lebih derma dari pada angin yang dilepaskan”. (HR Muttafaqun ‘alaih).

Santunan dan sikap ini sudah barang tentu tidak dapat dilakukan dengan baik kecuali manakala jauh sebelum Ramadhan telah ada persiapan-persiapan materi yang memadai.

Baca Juga: Mari Meyakini Hari Akhir


KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

keutamaan bulan ramadhan

gambar hanya pemanis

1. Bulan Tarbiyah (pembinaan) untuk mencapai derajat

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS Al Baqarah: 183).

Keutamaan bulan ramadhan yang sangat kita rasakan yaitu Ramadhan merupakan bulan Tarbiyah(pendidikan). Dimana pada bulan Ramadhan orang-orang beriman dilatih.

Dilatih ketika bermula melaksanakan ibadah puasa, disaat umat muslim bangun pada 1/3 malam untuk melaksanakan ibadah sahur.

Hal ini juga memiliki tujuan agar umat muslim mampu membiasakan diri untuk melaksanakan sholat tahajud. Orang yang melaksanakan tahajud inilah yang akan diangkat oleh Allah derajatnya.

2. Bulan diturunkannya Al Qur’an.

Bulan Ramadhan, yang pada bulan itu Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk buat manusia dan penjelasan tentang petunjuk itu, dan sebagai pemisah (yang haq dan yang batil) (QS AlBaqarah: 185).

Malam Nuzul Quran merupakan peristiwa dimana Allah SWT untuk pertama kalinya menurunkan AL-Qur’an melalui malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW di Gua Hira.

Bagi umat Muslim, bulan suci Ramadan juga dikenal sebagai Bulan Alquran. Sebab pada bulan ini, Alquran diturunkan Allah SWT pada Rasullah SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Diturunkan sebagai petunjuk untuk seluruh umat manusia, Alquran tidak hanya berisi interaksi Tuhan dengan hamba-Nya, melainkan juga sesama manusia.

Turunnya Alquran ini biasa dikenal dengan Nuzulul Quran. Namun, para ulama sendiri masih bersilang pendapat terkait kapan tanggal turunnya Alquran. Kendati demikian, mayoritas muslim merayakan 17 Ramadan sebagai Nuzulul Quran.

3. Bulan yang paling utama, bulan penuh berkah.

Bulan yang paling utama adalah bulan Ramadhan, dan hari yang paling utama adalah hari Jum’at (HR At-Thabarani) Dari Ubadah bin Ash-Shamit , bahwa Rasulullah saw pada suatu hari, ketika Ramadhan telah tiba-bersabda: “Ramadhan telah datang kepada kalian, bulan yang penuh berkah, pada bulan itu Allah swt memberikan naungan-Nya kepada kalian. Dia turunkan Rahmat-Nya, Dia hapuskan kesalahan-kesalahan, dan Dia kabulkan do’a.

Pada bulan itu Allah swt akan melihat kalian berpacu melakukan kebaikan. Para malaikat berbangga dengan kalian, dan perlihatkanlah kebaikan diri kalian kepada Allah. Sesungguhnya orang yang celaka adalah orang yang pada bulan itu tidak mendapat Rahmat Allah swt”. (HR Ath-Thabarani)

4. Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan.

Rasulullah saw bersabda: “Shalat lima waktu, dari Jum’at ke Jum’at, dari Ramadhan ke Ramadhan, dapat menghapuskan dosa-dosa, apabila dosa-dosa besar dihindari“. (HR Muslim).

Makna Ramadan bagi umat Islam adalah sebagai bulan pengampunan dosa. Rasulullah SAW pun bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).

Berdasarkan hadis tersebut maka telah jelaslah untuk kita semua bahwa bulan Ramadan ini memang penuh dengan pengampunan.

Allah SWT menjanjikan pengampunan segala dosa dan kebebasan dari siksa api neraka terhadap orang orang yang berpuasa karena keimanannya dan semata mata untuk mengharap ridha-Nya.

5. Bulan dilipat gandakannya amal shaleh.

Keutamaan bulan ramadhan sebenarnya sangat banyak sekali, salah satunya yaitu dilipat gandakannya pahala. Pahala bulan Ramadan adalah berkah yang paling dicari saat bulan suci ini tiba.

Pahala bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan pahala di bulan lainnya. Bulan penuh berkah ini memang selalu dimaknai dengan sejuta kemuliaan di dalamnya.

Di bulan Ramadan seluruh amal ibadah dilipat gandakan pahalanya. Maka dari itu, untuk menambah pahala bulan Ramadan, umat mmemperbanyak amal dan ibadah sangatlah baik di bulan penuh berkah ini.

Tak hanya puasa, pahala bulan Ramadan bisa didapatkan dari amalan lain seperti sedekah, membaca Al Quran, berzakat, dan amalan lainnya. Hanya dengan melakukan amalan-amalan tersebut, kamu sudah mendapat limpahan pahala bulan Ramadan.

ADAB MENGISI BULAN RAMADHAN

  1. Puasa yang baik dilakukan dengan motivasi karena Allah
  2. Disunnahkan bagi yang berpuasa memperlambat makan sahur dan menyegerakan berbuka
  3. Berdoa ketika berbuka
  4. Memberikan makanan untuk orang yang berbuka puasa
  5. Menjaga mata dan seluruh anggota tubuh dari perbuatan dosa
  6. Memperbanyak sedekah kepada fakir miskin
  7. I’tikaf pada ‘Asyrul Awakhir (10 hari terakhir bulan Ramadhan)
  8. Meningkatkat kajian tentang islam misal seperti tadarus dan lain sebagainya
  9. Meningkatkan kesadaran bermuroqobah

Cek artikel terbaru dan menarik lainnya disini.

Bagikan informasi tentang Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Kalian Simak kepada teman atau kerabat Anda.

Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Kalian Simak | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Kalian Simak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak