KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » KUBAH IDENTITAS MASJID ?

KUBAH IDENTITAS MASJID ?

Diposting pada 28 April 2022 oleh RAFLY RND

Kubah masjid merupakan salah satu unsur arsitektur yang selalu digunakan. Ia berbentuk seperti separuh bola, atau seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar.

Fungsi kubah masjid – Kubah adalah salah satu komponen masjid yang masuk kedalam unsur arsitektur. Saat ini hampir semua masjid memiliki kubah di atas bangunannya. selain itu Kubah juga memiliki fungsi sebagai berikut :

– Ciri Khas Masjid

– Lambang Keindahan dan Kebesaran Agama Islam

– Mempermudah Mencari Masjid

– Kubah Menentukan Arah Kiblat

– Sebagai Tempat Sirkulasi Udara

– Sumber Pencahayaan

Kubah Masjid Fiberglass sumber : hjkarpet.co.id

SEJARAH KUBAH MASJID

masjid merupakan sebuah tempat suci yang digunakan oleh seluruh umat islam di dunia untuk melakukan ibadah. Ibadah yang dilakukan oleh umat islam di dalam masjid salah satunya contohnya yaitu menjalankan ibadah sholat. Umat muslim menjalankan sholat lima waktu dan sholat jum’at di dalam masjid.

Apabila kita melihat masjid, maka tentu tidak terlepas dari salah satu ciri khas yang dimiliki oleh masjid itu sendiri. Ciri khas tersebut adalah adanya kubah masjid yang terletak di atas bangunan masjid, dengan orname serta corak dan warna yang memperindah masjid itu sendiri.

Secara umum kita tahu bahwa kubah masjid tidak mempunyai perbedaan bentuk secara signifikan dari wilayah atau negara di dunia. Dengan ukuran setengah lingkaran serta mempunyai ujung menara di atasnya, hal ini sudah menjadi ciri khas dari kubah masjid.

Melihat begitu banyaknya warna dan corak kubah masjid yang tersebar di hampir seluruh dunia. Melihat pada dasarnya bahwa sejarah adanya bentuk kubah masjid bukan berasal dari masyarakat atau arsitek islam. Itu sebabnya ajaran islam tidak mengajarkan secara detail tentang bentuk atau corak kubah masjid itu sendiri.

APAKAH KUBAH MASJID BERASAL DARI BANGSA ROMAWI ?

sumber: archdaily.com

sumber : archdaily.com

Kubah masjid – Pertama kali di bangun yaitu pada masa kekhalifahan Abdul Malik sekitar tahun 685 sampai dengan 688 Masehi. Kubah pertama ini di bangun di masjid Umar Yerussalem. Masjid Umar Yerussalem juga di kenal dengan sebutan masjid kubah batu (Dome Of The Rock). Dan mulai saat itulah arsitektur kubah masjid mulai menjalar ke berbagai beradaban Negara-negara Islam seperti Mesir, India, Pakistan, Iran, dan juga Asia bagian Tengah. Di negara Arab sendiri, kubah terlalu di gunakan pada bangunan masjid.

Di Indonesia sendiri kehadiran kubah masjid pada pangunan masjid masih terbilang baru-baru saja yakni di sekitaran abad ke 19 Masehi. Bahkan di pulau Jawa sendiri, kubah  masjid baru di kenal pada abad ke 20 Masehi. Sebelumnya bangunan masjid di Jawa tidak menggunakan kubah masjid dengan bentuk yang umum, melainkan menggunakan menggunakan bentuk kubah masjid dengan model rumah Joglo seperti kubah masjid Agung Demak dan Masjid Agung Banten.

Kubah masjid bukanlah arsitektur peninggalan warisan Islam, namun karena banyaknya bangunan masjid yang menggunakan kubah masjid menjadikan kubah masjid sebagai ciri khas dari bangunan masjid. Bahkan pada masa Zaman Rasullullah SAW, masjid memiliki bentuk segi empat yang sangat sederhana dan hanya memiliki atap yang terbuat dari pelepah kurma.

Ada banyak persepsi mengenai awal mulanya kubah di bangun. Pertama, ada ahli yang mengatakan bahwasanya banga Mesopotamia lah yang memperkenalnya kubah untuk pertama kalinya sekitar tahun 6000 silam. Namun ada juga ahli yang mengatakan bahwa kubah mulai muncul pada masa Imperium Romawi.

Sebenarnya kubah masjid lebih dulu populer di kalangan Kristen, banyak bangunan gerejayang menggunakan kubah masjid. Namun seiring berjalannya waktu, budaya Islam juga mulai menggunakan kubah masjid sebagai arsitektur bangunan masjid. Awalnya kubah pada bangunan masjid memiliki ukuran yang kecil saja, namun melihat megahnya kubah-kubah yang di bangun oleh bangsa Romawi dan Kristen membuat umat Islam juga mulai membangun kubah dengan ukuran yang besar dan megah.

Baca juga : Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia

 

nah sekian dari mimin membahas seputar kubah masjid semoga artikel ini bermanfaat 🙂 buat kalian. kalian juga bisa membaca artikel mimin yang lain , jika kalian tertarik dengan kubah dan berniat ingin memasangnya kalian bisa kunjungi situs ini : Produk kubah masjid 

 

 

 

 

 

 

Bagikan informasi tentang KUBAH IDENTITAS MASJID ? kepada teman atau kerabat Anda.

KUBAH IDENTITAS MASJID ? | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: KUBAH IDENTITAS MASJID ?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak