KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » MASJID KUBA MAS DEPOK

MASJID KUBA MAS DEPOK

Diposting pada 22 Maret 2017 oleh

 

Jika kalian tinggal di jawa barat, pasti semua orang tau MASJID KUBAMAS atau ( MASJID DIAN AL-MAHRI) yang berada di jalan Maruyung raya, kel.Meruyung, kecamatan Limo, Kota Depok. Masjid luar biasa ini berkapasitas 20ribu jemaah berdiri kokoh di atas lahan seluas 70 hektar. MAsjid ini mulai dibangun April 1999 oleh seorang dermawan, pengusaha asal banten bernama Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid, istri dari H Maimun Al Rasyid, yang membeli tanah kawasan ini sejak tahun 1996. Rencananya, selain masjid, lahan ini akan dijadikan Islmaic centre. Nantinya akan ada lembaga dakwah, dan rumah tinggal.Semua bangunan tersebut merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan terpadu yang diberi nama Islamic entre Dian Al-Mahri.

Masjid Dian Al Mahri dibuka untuk umum tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha 1427 H yang kedua kalinya pada tahun itu. Pengembangannya sudah berlangsung sejak tahun 1999, namun baru dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006. Setelah shalat Idul Adha, pemilik masjid langsung meresmikan masjid ini. Ada sekitas 5ribu jemaah mengikuti prosesi presmian masjid ini.

Spesifikasi Masjid

Bangunan masjid ini memiliki luas sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8.000 meter persegi. terdiri dari bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu. Masjid ini mampu menampung 15ribu jemaah shalat dan 20ribu jamaah taklim. Masjid ini merupakan salah satu di antara masjid-masjid termegah di Asia tenggara.

Masjid Dian AL Mahri memiliki 5 Kubah. SAtu kubah utama dan kubah kecil. Seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 METER, diameter tengah 20 meter dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7meter, dan tinggi 8 meter.

Relief hiasan di atas tempat imam terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar dilantai dua dan hiasan kaligrafi dilangit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

Pengurus dan pengelola masjid ini tidak mau mengungkapkan informasi mengenai total biaya pembangunan dan juga berat emas keseluruhan yang ada di kompleks masjid ini. HAnya ada informasi ketebalan emas yang melapisi kubah. Setiap kubah memiliki ketebalan emas 2 sampai 3 milimeter. Emas kubah tersebut kemudian dilapisi lagi dengan mozaik kristal.

MasyaAllah semoga Beliau mendapatkan rezeki yang berlipat lipat ganda dari Allah SWT Amin…

PAHALA MEMBANGUN MASJID

Membangun masjid, memakmurkan dan menyediakan untuk orang-orang shalat termasuk amal yang utama. Allah akan memberikan kepadanya pahala nana gung. Ia termasuk shadqah jariyah yang pahalanya berlanjut hingga seseorang telah meninggal dunia.

Allah berfirman :

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang dapat petunjuk.” ( QS At-Taubah  )

Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

“Barang siapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisalnya di surga.” ( HR. Bukhari, 450 dan Muslim, 533 dari Hadist Utsman radhiallahu’anhu)

Syekh Ibnu ustmain rahimahullah ditanya: “Dua orang atau tiga orang atau lebih, bekerja sama dalam membangun masjid. Apakah masing-masing di antara mereka dicatat pahala membangun masjid atau kurang dari (membangun masjid) itu? Beliau menjawab: “Apakah anda telah membaca surat “idza zuzilat’ apa yang Allah firmankan di akhir ayat?

Penanya: “ Faman ya’mal mitsqala dzarrotin khairan yarah” (Dan barangsiapa yang melakukan (kebaikan) sebesar dzarah(atom), maka dia akan melihatnya). (Qs. Az-zalzalah: 7)

Masing-masing akan mendapatkan pahala apa yang dikerjakan. Bahkan dia mendapatkan pahala kedua dari sisi lain, yaitu bekerja sama terhadap kebaikan. Karena jika mereka tidak bbekerja sama, masing-masing hanya dapat melakukan sedikit, maka tidak akan berdiri bangunan. Maka kami katakan, dia mendapatkan pahala pekerjaannya dan mendapatkan pahala membantu melengkapi. Contoh hal seperti itu, seseorang menginfakkan seratus real shadaqah, dia akan mendapatkan pahlanya. Jika dia menginfakkan seratus real untuk membangun masjid, maka infak tersebut memberikan manfaat dari dua sisi; Pertama pahala perbuatan, yaitu pahala dari uang tersebut. Kedua, (pahala) membantu sampai menjadi masjid. Akan tetapi kalu ada menyumbangkan untuk masjid dua puluh ribu, dan yang lain (menyumbang) dua pulu real, maka kita tidak mungkin mengatakan, mereka sama (pahalanya), dan masing-masing sama mendapatkan pahala membangun secara sempurna

Bagikan informasi tentang MASJID KUBA MAS DEPOK kepada teman atau kerabat Anda.

MASJID KUBA MAS DEPOK | KARPETMASJID.CO.ID

Belum ada komentar untuk MASJID KUBA MAS DEPOK

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: (#10) This endpoint requires the 'manage_pages' or 'pages_read_engagement' permission or the 'Page Public Content Access' feature. Refer to https://developers.facebook.com/docs/apps/review/login-permissions#manage-pages and https://developers.facebook.com/docs/apps/review/feature#reference-PAGES_ACCESS for details.
Type: OAuthException
Code: 10
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak