KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Material Karpet Terbaik yang Banyak Digunakan

Material Karpet Terbaik yang Banyak Digunakan

Diposting pada 10 Februari 2022 oleh Ahmad Fairuz

Karpet memang menjadi salah satu elemen dekorasi rumah yang paling umum digunakan. Selain motif dan material karpet yang beragam, hargamya yang tidak terlalu mahal membuatnya menjadi primadona dekorasi rumah yang juga mudah didapat.

Selain digunakan sebagai elemen dekorasi rumah, karpet baik ukuran sedang atau karpet ukuran besar juga biasa digunakan untuk memisahkan area ruang, umumnya digunakan pada hunian minimalis yang tidak memiliki banyak sekat pembatas.

Sebelum kamu membelinya, pastikan kamu sudah mengetahui material yang akan kamu pilih, ya! Material dapat menentukan faktor kenyamanan dan juga keawetan, lho! Kalau kamu belum tahu, yuk simak beberapa jenis material karpet yang umum berikut ini!


Material Karpet Bulu

karpet

contoh gambar karpet bulu

Jenis material yang pertama adalah bulu. Karpet bermaterial bulu banyak disukai karena sifatnya yang lembut dan menghangatkan. Bulu yang digunakan dapat merupakan bulu buatan lokal ataupun luar negeri. Selain bahannya tebal dan hangat, jenis material bulu juga tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan warna, sehingga dapat membuat ruangan nampak lebih cantik dan elegan.

Karpet bermaterial bulu juga memiliki fungsi tambahan yakni sebagai peredam suara. Karenanya, sering digunakan pada ruang studio musik ataupun home theatre. Selain berbagai kelebihannya, material bulu juga memiliki beberapa kekurangan.

Itu membutuhkan perawatan ekstra yang cukup besar. Anda harus rajin membersihkannya dengan menyedot debu agar debu dan kotoran di sela-sela bulu bisa terangkat secara maksimal. Selain itu jika terkena air harus cepat mengeringkannya menggunakan hair dryer , karena jika tidak cepat kering akan membuat ruangan terasa lembab.

Baca juga : Cara Merawat Karpet Bulu dan Permadani yang Harus Kita Simak


Material Karpet Polipropilena

karpet

contoh gambar karpet polypropylene

Jenis material selanjutnya adalah polypropylene. Bahan polypropylene merupakan bahan yang paling umum digunakan untuk membuat karpet. Polypropylene merupakan bahan serat terkuat yang anti jamur, anti abrasi, tahan terhadap bahan kimia, tahan serangga, dan yang paling penting tahan lama. Inilah mengapa banyak sekali orang yang memilih karpet polypropylene untuk kebutuhan rumah dan kantor.

Material polypropylene memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah tahan terhadap noda, mudah dibersihkan, memiliki tekstur yang cukup halus, memiliki motif yang banyak dan warna-warna yang cerah, dan harga yang lebih murah.

Untuk kelemahan material polypropylene, yaitu mudah menyusut apabila terkena panas langsung, karenanya kamu disarankan untuk tidak menjemurnya langsung di bawah sinar matahari.

Baca juga : Karpet Minimalis Terbaik untuk Lantai dengan Harga Terjangkau


Material Karpet Nilon

karpet

contoh gambar karpet nilon

Selain bahan polypropylene, bahan nilon juga banyak digunakan khususnya untuk kebutuhan kantor. Nilon memiliki durabilitas yang baik, karenanya karpet nilon cocok untuk digunakan pada area-area yang sering dilalui orang. Selain itu juga mudah dibersihkan. Kotoran-kotoran yang besar bisa kamu bersihkan hanya dengan cara disapu, sedangkan debu-debu kecil bisa kamu bersihkan dengan cara di vacuum.

Jika bahan polypropylene memiliki sifat yang mudah pudar, lain halnya dengan bahan nilon. Karpet nilon tidak mudah memudarkan warna, ini karena zat pewarna diaplikasikan pada serat sebelum ditenun.

Pada hunian, sangat aman jika kamu mengaplikasikan karpet nilon pada area-area yang mudah basah, seperti di taman, area kamar mandi, ataupun di samping kolam renang.


Karpet Sutra

karpet

contoh gambar karpet sutra

Jenis material yang berikutnya adalah sutra. Material sutra terkenal akan kualitasnya yang baik dan juga harganya yang mahal. Harganya yang mahal ini memang setimpal dengan kualitasnya yang memang sangat lembut, dan nyaman ketika digunakan.

Proses pembuatan karpet sutra juga terbilang sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk motif sederhana saja waktu pengerjaannya bisa mencapai 12 bulan. Nggak, heran, ya, kalau harganya sangat mahal?

Kain sutra terdiri dari serat yang sangat lembut, dapat membuat sejuk dan juga peredam suara yang baik. Material sutra juga dapat menyerap sinar ultraviolet sehingga aman bagi kulit manusia. Namun kamu perlu memperhatika cara perawatannya. Jenis karpet ini tidak bisa dicuci sembarangan, pilihlah metode dry cleaning untuk mencucinya sehingga serat sutranya tidak rusak.

Itulah beberapa jenis material karpet yang paling umum digunakan. Jika anda tertarik dengan artikel lainnya silakan klik disini

Bagikan informasi tentang Material Karpet Terbaik yang Banyak Digunakan kepada teman atau kerabat Anda.

Material Karpet Terbaik yang Banyak Digunakan | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: Material Karpet Terbaik yang Banyak Digunakan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak