KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Menjadi Pengusaha Di Usia Muda

Menjadi Pengusaha Di Usia Muda

Diposting pada 13 Mei 2022 oleh RAFLY RND

Cara menjadi pengusaha sukses merupakan impian bagi banyak orang, terutama anak millennial. Mencapai impian tersebut bukanlah hal yang mustahil. Namun, tidak jarang orang yang mengeluhkan modal pertama. Banyak yang berpikiran bahwa untuk sukses di usia muda membutuhkan modal yang besar agar cepat berkembang. Padahal hal utama adalah berani memulai, usaha yang keras, serta konsistensi, meskipun modal pertamanya sangat minim. Lalu, bagaimana cara mewujudkan hal itu? Disini mimin akan membahasnya secara lengkap.

sumber : mitra bukalapak

1. Pilih Jenis Usaha yang Kamu Minati

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah niat adalah menentukan jenis usaha. Pemilihan jenis usaha yang tepat akan membuat kamu bertahan lama meski banyak kompetitor. Pilihlah jenis usaha yang kamu minati. Bukan sekadar ikut-ikutan trend, sebab jika kamu kurang menguasai suatu jenis usaha, bisa jadi malah membuat kurang percaya diri atas kemampuan yang kamu miliki.

Sebagai contoh, trend jualan baju thrift sekarang ini. Jika kamu tidak terlalu menyukai fesyen, maka kamu akan kewalahan menjalankan usaha tersebut. Sebaliknya, jika kamu menyukai fesyen kemudian kamu mengikuti trend jualan baju thrift, kamu cenderung lebih mudah menjalankannya meski modal kecil dengan menjadi reseller. Bahkan tanpa modal dengan menjadi dropshipper.

Contoh lagi, kamu memiliki bakat menulis artikel SEO dan desain. Maka, itu bisa jadi peluang yang sangat bagus untuk membuka usaha secara pribadi. Pasalnya, pada era industri 4.0 ini kebutuhan akan jasa penulisan artikel SEO dan desain grafis semakin meningkat.

2. Riset Usaha yang Serupa dengan Minat Kamu

Langkah selanjutnya setelah kamu menentukan jenis usaha yang kamu minati, kamu harus meriset dan mencari usaha yang serupa. Riset yang dimaksud meliputi target pasar potensial, kompetitor, serta risiko yang mungkin terjadi saat menjalankan usaha. Tidak kalah penting juga adalah riset segala yang kamu butuhkan mulai dari merintis hingga saat sedang berjalan sehingga dapat meminimalisir pengeluaran.

3. Perkuat Niat Usaha dengan Visi dan Misi

Langkah selanjutnya dalam cara menjadi sukses dengan modal kecil adalah perkuat usahamu dengan visi dan misi yang jelas. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah goyah jika suatu saat di tengah perjalanan usahamu memiliki kendala. Jika perlu, catat visi dan misi usaha kamu di tempat yang mudah kamu lihat, misalnya di dinding kamar.

Jika sebuah usaha tidak memiliki visi dan misi yang jelas itu sama halnya kamu belum menentukan tujuan kamu mendirikan usaha. Jadi, tidak hanya perusahaan besar yang harus mempunyai visi dan misi. Justru usaha kecil yang dimulai dengan modal kecil lah yang lebih wajib memilikinya sebagai pengingat supaya selalu semangat menjalankan dan mengembangkan usaha.

4. Ciptakan Brand Dari Usaha Kamu

Kendati usaha yang kamu mulai masih kecil, kamu harus membuat brand sendiri. Ketika kamu memiliki brand, orang akan mengenali usahamu bergerak di bidang apa. Melalui brand yang kamu ciptakan bisa jadi untuk meningkatkan personal branding kamu juga, lho!

Percayalah, jika branding yang kuat mampu meningkatkan engagement antara konsumen dan/atau calon konsumen dengan usaha yang kamu miliki. Terlebih jika personal branding kamu juga kuat. Orang akan mengenali kamu dan usahamu menjadi satu kesatuan yang utuh. Dengan begitu, usahamu semakin dikenal dan berkembang.

5. Konsisten dan Tidak Mudah Menyerah

sumber : depokrayanews.com

Tidak mudah menyerah dan konsisten adalah sifat yang harus ditumbuhkan dalam diri pengusaha. Hal ini ditunjukkan oleh seberapa konsisten kamu menjalankan usaha. Setiap usaha pasti memiliki risiko dan tantangannya sendiri. Maka dari itu, tetaplah berjuang meski di tahap awal kamu harus bekerja ekstra keras.

Banyak dari orang yang baru memulai usaha sudah pesimis terlebih dahulu sebab takut bersaing. Padahal seharusnya persoalan tersebut sudah selesai dan memang merupakan risiko dalam dunia .

6.Kesalahan adalah Hal Biasa

Tips terakhir bagi Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah jangan takut membuat kesalahan. Kesuksesan tidak akan terjadi tanpa membuat suatu kesalahan.

Perbedaannya adalah, mereka tidak akan mengulangi kesalahan sama secara berulang.

Karena mengulang kesalahan yang sama menandakan bahwa Anda tidak pernah belajar dari kesalahan.

Seorang pribadi yang sukses juga tidak akan pernah merasa takut membuat kesalahan, karena menurut mereka kesalahan adalah sebuah proses belajar dan mereka memahami bagaimana cara belajar dari kesalahan.

 

Nah, itulah beberapa tips dan cara berpikir pengusaha atau pola pikir untuk menjadi orang sukses. Apakah Anda bisa menirunya?

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. terimakasih

Bagikan informasi tentang Menjadi Pengusaha Di Usia Muda kepada teman atau kerabat Anda.

Menjadi Pengusaha Di Usia Muda | KARPETMASJID.CO.ID

Belum ada komentar untuk Menjadi Pengusaha Di Usia Muda

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak