KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » PENGERTIAN TENTANG MASJID MENURUT BERBAGAI SUMBERNYA

PENGERTIAN TENTANG MASJID MENURUT BERBAGAI SUMBERNYA

Diposting pada 29 Maret 2017 oleh

 

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan masjid berukuran kecil juga disebut Musholla. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas Muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, Masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Ibnu Khaldun menyebut tiga model dasar masjid:

MAsjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Kubah Al-Sakhra di Jerusalem. MAsjidil Haram dengan sentranya Ka’bah, sejatinya adalah sebuah titik orientasi. MAsjid Nabawi adalah sebuah rumah dan KUbah Al’Sakhra adalah monumen peringatan mi’raj Nabi. Itulah sebabnya, di Masjidil haram poros orientasi bisa bergerak dari segala arah. Meskipun secara ia berbentukradial, namun dalam praktik ia digelar mengarah pada tempat sisi dinding Ka’bah. poros orientasi Masjid Nabawi mengarah dari utara ke selatan. Sementara itu, Kubah Al-Sakhra cenderung menjulang ke atas.

Etimologi

Masjid berarti tempat beribadah. Akar kata dari masjid adalah sajada dimana sajada itu berarti sujud atau tunduk. Kata masjid sendiri berakar dari bahasa arab. Kata masgid (m-s-g-d) ditemukan dalam sebuah inskripsi dari abad ke 5 sebelum Masehi. Kata Masgid (m-s-g-d) ini berarti “tiang suci” atau “tempat sembahan”.

Sejarah

Menara-menara, serta kubah masjid yang besar, seakan menjadikan saksi betapa jayanya Islam pada kurun abad pertengahan. Masjid telah melalui serangkaian tahun-tahun terpanjang di sejarah hingga sekarang. Mulai dari perang Salib sampai Perang Teluk. Selama lebih dari 1000 tahun pula, arsitektur Masjid perlahan -lahan mulai menyesuaikan bangunan masjid dengan arsitektur modern.

Masjid Pertama

Ketika Nabi Muhammad SAW. tiba di Madinah, beliau memutuskan untuk membangun sebuah masjid, yang sekarang dikenal dengan nama MAsjid Nabawi, yang berati Masjid Nabi. Masjid Nabawi terletak di pusat Madinah. Masjid Nabawi dibangun di sebuah lapangan yang luas. Di Masjid Nabawi, juga terdapat mimbar yang sering dipakai oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid Nabawi menjadi jantung kota Madinah saat itu. Masjid ini digunakan untuk kegiatan politik, perencanaan kota, meenentukan strategi militr, dan untuk mengadakan perjanjian. Bahkan, di area sekitar masjid digunakan sebagai tempat tinggal sementara oleh orang-orang fakir miskin.

Saat ini, Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al-Asqa adalah tiga masjid tersuci didunia.

 

Bagikan informasi tentang PENGERTIAN TENTANG MASJID MENURUT BERBAGAI SUMBERNYA kepada teman atau kerabat Anda.

PENGERTIAN TENTANG MASJID MENURUT BERBAGAI SUMBERNYA | KARPETMASJID.CO.ID

Belum ada komentar untuk PENGERTIAN TENTANG MASJID MENURUT BERBAGAI SUMBERNYA

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: (#10) This endpoint requires the 'manage_pages' or 'pages_read_engagement' permission or the 'Page Public Content Access' feature. Refer to https://developers.facebook.com/docs/apps/review/login-permissions#manage-pages and https://developers.facebook.com/docs/apps/review/feature#reference-PAGES_ACCESS for details.
Type: OAuthException
Code: 10
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak