KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Mengatasi Malas Setelah Liburan

Tips Mengatasi Malas Setelah Liburan

Diposting pada 19 Mei 2022 oleh RAFLY RND

sumber : car.co.id

Makna liburan adalah berarti kita juga libur untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti belajar ataupun bekerja. Setelah berlibur, tibalah waktunya kita harus kembali ke rutinitas dan tanggung jawab sehari-hari. Apakah kamu sudah siap untuk beraktivitas menjalankan kegiatan sehari-hari?

Begitu liburan telah usai, tentunya menimbulkan rasa malas yang tidak menyenangkan untuk memulai lagi rutinitas yang harus kita lakukan setiap harinya. Perasan tersebut bersifat wajar apabila kamu sudah merasakan liburan yang sangat menyenangkan. Rasa malas itu disebut dengan istilah Post Vacation Blues, yang merupakan bagian dari tahapan emosional yang dirasakan seseorang setelah berlibur.

Jika kamu merasakan perasaan tersebut, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti tips-tips mengatasi rasa malas setelah liburan di bawah ini. Tips ini berguna untuk kamu agar kembali semangat menjalani aktivitas seperti biasanya. Jadi ayo mari kita simak penjelasannya.

1. Istirahat yang Cukup

sumber : halodoc

Terutama bagi kalian yang melakukan perjalanan jauh untuk liburan, lebih baik kamu menyiapkan waktu istirahat yang cukup. Karena liburan ke tempat yang jauh apalagi dengan waktu yang lama, pastinya membuat kamu capek dan tidak beristirahat dengan baik. Gunakanlah waktu beristirahat kalian dengan tidur yang cukup.

Kalian perlu memperbaiki ritual jam tidur terlebih dahulu, karena jam tidur yang teratur akan membiasakan otak untuk mengatur kapan waktunya kita harus tidur dan kapan waktunya kita harus bangun. Ini sangat penting agar tubuh juga bisa membiasakan diri dengan aktivitas yang telah ditetapkan. Kebanyakan orang membutuhkan enam hingga sembilan jam untuk tidur di setiap malam.

2. Melakukan Latihan Fisik

sumber : rs annisa

Latihan fisik 20 menit sehari akan menenangkan pikiran dan menurunkan hormon stres. Latihan fisik seperti berolahraga, dapat meningkatkan hormon endorfin dan kadar serotonin serta bahan kimia otak lainnya yang bisa membangkitkan mood positif kita. Selain itu olahraga ringan juga dapat menghambat depresi dalam jangka panjang, sehingga aktivitas ini berguna untuk kesehatan mental kita juga.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari latihan fisik yaitu dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Karena latihan fisik berguna untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang ada di kepala kita. Setelah melakukan latihan fisik tentunya perasaanmu akan lebih baik, secara fisik lebih sehat dan kamu bisa dengan lega menyambut hari-hari berikutnya.

3. Makanlah Makanan yang Membangkitkan Mood

sumber : kompas.com

Rasa malas setelah liburan membuat mood kita turun ketika kita harus siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kita perlu makan-makanan yang mampu meningkatkan mood dengan cepat agar suasana hati kita menjadi lebih baik. Makanan-makanan yang bisa membangkitkan mood contohnya seperti cokelat, es krim, pisang, alpukat, kacang-kacangan, oatmeal, ikan dan masih banyak dan lain-lain.

Kandungan dari makanan-makanan tersebut dapat menenangkan perasaan, menaikkan mood dan mencegah insomnia. Selama makanan-makanan itu kamu mengonsumsinya dengan cukup serta tidak berlebihan. Karena makanan seperti itu juga membantu merangsang otak untuk melepaskan hormon endorfin juga serotonin.

Baca juga : Kenapa sih orang lebih percaya hoaks ?

4. Beri Jeda Waktu Sebelum Memulai Rutinitas

sumber : hipwee

Waktu jeda disini dimaksudkan adalah jeda dari waktu liburan menuju waktu dimana kita harus kembali kepada rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya kita tidak menjadwalkan tanggal liburan terlalu lama sampai mendekati hari masuk sekolah ataupun mendekati jam kerja. Perlu memberi jeda waktu untuk kita beristirahat sambil mempersiapkan kebutuhan untuk menjalani aktivitas seperti biasanya. Baik itu kebutuhan secara fisik maupun mental.

5. Berbicaralah dengan Teman ataupun Rekan

sumber : tribun.bali.com

Membentuk hubungan positif dengan teman dan rekan kerja sangat diperlukan, karena terlibat dengan orang-orang itu sepanjang hari adalah cara yang baik untuk membuat rutinitas terasa kurang seperti rutinitas. Membangun hubungan baik dengan teman tentunya akan membangkitkan semangatmu agar terhidar dari rasa malas setelah liburan. Cara ini membuat kalian akan terbiasa dengan aktivitas yang kalian lakukan sehari-hari.

Baca juga : Cara menjadi pengusaha muda

Sekian tips-tips dari mimin yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi rasa malas setelah liburan. Bagaimana apakah tips-tips di atas bisa membuatmu lebih bersemangat? Kembali ke sekolah untuk belajar juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Kaliah bisa bertemu dengan teman-teman, guru-guru serta memperoleh wawasan yang baru.  jika kalian tertarik dengan artikel mimin kalian bisa cek artikel bacaaan kami di karpetmasjid.co.id

Terimakasih 🙂

Bagikan informasi tentang Tips Mengatasi Malas Setelah Liburan kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Mengatasi Malas Setelah Liburan | KARPETMASJID.CO.ID

Belum ada komentar untuk Tips Mengatasi Malas Setelah Liburan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak