KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » tips membersihkan dan merawat karpet masjid

tips membersihkan dan merawat karpet masjid

Diposting pada 8 Januari 2020 oleh Linda Tamara

cara membersihkan karpet masjid sekaligus tips merawatnya

Pada dasarnya, karpet dibuat dengan bahan seperti wool, vinyl, karet, batang tumbuh-tumbuhan, bambu dan karpet kain. Karpet yang sering kali di temukan dalam masjid terbuat dari bahan yang lebih awet. Karpet masjid sangat mudah kotor akibat debu, kotoran yang dibawa orang dari luar yang masuk ke dalam sela-sela bulunya. Perawatan secara berkala harus dilakukan untuk menjaga kebersihan sehingga bisa terhindar dari bakteri penyakit.  Selain itu, karpet akan menjadi tahan lama kalau terus menerus dirawat. Melalui artikel ini tentunya saya ingin memberikan tips cara membersihkan karpet masjid sekaligus tips merawat karpet masjid nya.

Berikut ini pusat karpet masjid memberikan cara membersihkan karpet masjid agar karpet menjadi bersih dan tetap bagus.

1.       Bentangkan karpet dilantai, lalu lakukan bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan vacum cleaner, cara ini sangat penting dilakukan sebelum karpet dicuci karena kebanyakan dari kotoran di karpet adalah tumpukan debu yang menebal.

2.       Kemudian bentangkan karpet masjid tersebut di jemuran, pagar untuk menyangga karpet selama di besihkan. Pastikan posisi karpet sedikit miring gunaknya agar ketika dicuci aliran air akan lebih mudah mengalir dan mempermudah pengerjaan pembersihan.

3.       Setelah itu, semprot karpet dengan air , usahakan menggunakan selang dengan tekanan air agar kotoran di karpet bisa benar-benar terlepas.

4.       Setelah karpet basah, bubuhkan sabun atau cairan pembersih khusus karpet atau jika tidak ada bisa gunakan shampo bayi. Disarankan untuk tetap menggunakan sabun khusus karpet.

5.       Sikatlah karpet masjid tersebut dengan menggunakan sikat lembut, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merontokkan bulu karpet dan membuat karpet kasar setelah kering.

6.       Pastikan semua bagian kotor karpet sudah disikat, setelahnya siramlah dengan air, ini berfungsi membilas karpet dan menghilangkan kotoran serta sisa sabun yang meungkin amsih tertinggal.

7.       Jemur dan keringkan karpet di tempat yang teduh serta tidak langsung terkena sinar matahari juga cukup sirkulasi udara. Selain untuk menjaga kualitas karpet, kondisi penjemuran yang baik juga bisa mencegah karpet menjadi bau.

8.       Setelah karpet tersebut benar-benar kering, taburi karpet dengan baking soda untuk menghilangkan bau, dan tunggulan selama 30 menit bersihkan karpet lagi menggunakan vacum cleaner lagi.

9.       Anda bisa menyimpan karpet tersebut dengan cara menggulung atau melipat karpet sesuai lekukannya, kemudian masukan dalam plastik jiak belum ingin memakainya. Gunanya untuk mencegah karpet menjadi lembab dan kembali tertempel kotoran.

Berikut ini adalah tips yang bisa diterapkan untuk merawat karpet agar tetap awet dan bersih.

1.       Untuk tetap merawat kebersihan karpet gunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkan karpet minimal 3 kali seminggu.

2.       Seringlah diubah posisi karpet 2 bulan sekali. Maksudnya agar putar karpet sedemikian rupa sehingga bagian yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti posisi. Serta perhatikan letak jendela dan arah sinar matahari yang masuk ke ruangan tersebut. Warna karpet masjid akan cepat memudar jika terkena langsung oleh sinar matahari. Untuk mengatasinya, ubah posisi karpet 2 bulan sekali. Hal ini bisa pula diatasi dengan menutup jendela atau menurunkan vitrage.

3.       Cucilah karpet hingga bersih dengan menggunakan sabun khusus untuk karpet setidaknya 6 bulan sekali. Jikalau merasa terlalu berat untuk mencuci sendiri, Anda bisa memasukkan karpet ke jasa binatu.

Itu dia tips dan cara membersihkan karpet masjid dari karpetmasjid.co.idSemoga bermanfaat!

Bagikan informasi tentang tips membersihkan dan merawat karpet masjid kepada teman atau kerabat Anda.

tips membersihkan dan merawat karpet masjid | KARPETMASJID.CO.ID

Komentar dinonaktifkan: tips membersihkan dan merawat karpet masjid

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: (#10) This endpoint requires the 'manage_pages' permission or the 'Page Public Content Access' feature. Refer to https://developers.facebook.com/docs/apps/review/login-permissions#manage-pages and https://developers.facebook.com/docs/apps/review/feature#reference-PAGES_ACCESS for details.
Type: OAuthException
Code: 10
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak