KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Hotline - 081317414739
  • SMS - 081317414739
  • Whatsapp - 081 317 414 739
  • hjkarpet@gmail.com
Beranda » Artikel Terbaru » Waspada Malware Yang Bisa Retas WIFI

Waspada Malware Yang Bisa Retas WIFI

Diposting pada 7 Juli 2022 oleh RAFLY RND

sumber : kompasiana.com

Sebuah laporan mengungkap, saat ini hacker gencar meretas router WiFi untuk mendapatkan akses ke seluruh perangkat terhubung di rumah.

Laporan ini datang dari Black Lotus Lab, sebuah divisi keamanan dari Lumen Technologies. Dijelaskan, laporan tersebut merinci beberapa serangan dunia nyata yang diamati pada router small home/ home office (SOHO) sejak 2020, yakni ketika jutaan orang mulai bekerja dari rumah di awal pandemi.

Black Lotus Lab menyebut, penyerang menggunakan malware remote access trojan(RATs) untuk membajak router WiFi rumahan.

Trojan tersebut menggunakan strain malware jenis baru bernama ZuoRAT. Tujuannya untuk mendapatkan akses dan melancarkan serangan siber di dalam router.

Ketika serangan digulirkan, RAT mengizinkan penyerang untuk mengunggah dan mengunduh seluruh file ke perangkat terhubung yang memakai jaringan internet dari router tersebut.

“Pergeseran masih ke bekerja jarak jauh pada awal pandemi Covid-19 memberi peluang baru bagi pelaku ancaman untuk menumbangkan perlindungan tradisional yang mendalam, dengan menargetkan titik terlemah dari perimeter jaringan baru, yakni router kantor atau rumah,” kata Lumen Technologies dalam blog.

Lumen juga menjelaskan, aktor bisa memanfaatkan akses router WiFi rumah atau kantor untuk mempertahankan kehadiran deteksi rendah di jaringan target. ZuoRAT sendiri tergolong tahan terhadap upaya pemeriksaan.

Ketika pertama kali disebarkan, ZuoRAT mencoba menghubungi beberapa server publik. Jika tidak menerima respons apa pun, ZuoRAT menganggap dirinya sudah memasuki upaya pemeriksaan dan menghancurkan dirinya sendiri.

Lumen menyebut malware ini sangat canggih dan diperkirakan berasal dari aktor terkait negara, bukan ulah hacker semata. Kemungkinan malware ini menarget router rumah dan kantor di Amerika Utara dan Eropa.

ZuoRAT mendapatkan akses jarak jauh ke router, selanjutnya malware ini terus memindai jaringan dan melancarkan serangan.

Cukup sekian informasi dari mimin semoga artikel ini bermanfaat buat kalian TERIMAKASIH

Bagikan informasi tentang Waspada Malware Yang Bisa Retas WIFI kepada teman atau kerabat Anda.

Waspada Malware Yang Bisa Retas WIFI | KARPETMASJID.CO.ID

Belum ada komentar untuk Waspada Malware Yang Bisa Retas WIFI

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Temukan Kami

Facebook

Unable to display Facebook posts.
Show error

Error: API access disrupted. Go to the App Dashboard and complete Data Use Checkup.
Type: OAuthException
Code: 200
Please refer to our Error Message Reference.

Portofolio

Kontak